Minggu, 15 Januari 2017

Pengertian 5 M Dalam Kurikulum 2013 Permendikbud No 63

Administrasi Guru Kurikulum 2013 »

Pengertian 5 M Dalam Kurikulum 2013 Permendikbud No 63 tentang kerangka dasar kurikulum merupakan penekanan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan saintifik 5m k13 dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan untuk semua mata pelajaran yang harus di laksanakan oleh staf pendidikan, sebagai media pembelajaran.

Dalam menerapkan atau melaksanakan implementasi k13 di sekolah pelaksana kurtilas, dibutuhkan proses panjang, sebagai langkah awal, anda bisa mengenal susunan administrasi pembelajaran kurikulum 2013.

Pengertian 5 M Dalam Kurikulum 2013

Pengertian 5 M Dalam Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud No 63 terupdate


1. Mengamati
Mengamati: melihat, membaca, mendengar, menyimak (tanpa atau dengan alat).
Kompetensi yang Dikembangkan
Melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

2. Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.

Kompetensi yang dikembangkan adalah mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Pengertian 5 M Dalam Kurikulum 2013

3. Mengumpulkan Informasi/ Eksperimen
Melakukan eksperimen
Membaca sumber lain selain buku teks.
Mengamati objek/kejadian
Aktivitas
Wawancara dengan narasumber

Sebelum melanjutkan sebaiknya kunjungi halaman Administrasi kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kelas 1 ,2, 3, 4 karena didalamnya terdapat beberapa contoh format dan aplikasi guru K13.

Kompetensi yang dikembangkan yakni mengembangkan sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

4. Mengolah.
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan atau eksperimen maupun hasil mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.

Kompetensi yang dikembangkan yaitu mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.

5. Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan  hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnnya.


Pengertian 5 M K13 Menurut Permendikbud No 63 Jenjang SD

Kompetensi yang Dikembangkan adalah mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

Materi pembelajaran 5m k13 berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.

Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.

Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.

Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.

Mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.

Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.

Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya. Proses pembelajaran harus terhindar dari sifat-sifat atau nilai-nilai non ilmiah.

Selengkapnya silahkan download file yang berbentuk Power Point dan contoh RPP K13 kelas 4 SD revisi baru hasil dari pelatihan guru - guru di Garut.

File Guru Pembelajar Kurikulum 2013 mengenai Pengertian 5 M Dalam Kurikulum 2013 bisa anda dapatkan di bawah ini.

Download File Via | Google Drive

Demikian artikel ini dibuat semoga membantu menambah wawasan anda dan menambah informasi dalam rangka mencerdaskan bangsa.

0 komentar

Posting Komentar