Kamis, 12 Januari 2017

Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kurikulum 2013 Revisi Baru

Administrasi Guru Kurikulum 2013 » Administrasi Guru Kurikulum 2013 - Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kurikulum 2013 Revisi Baru di tujukan untuk guru pembelajar pemegang mata pelajaran tematik di sekolah. Admin Memberikan File administrasi pembelajaran Guru Kurikulum 2013 SD yaitu Contoh Format RPP Tematik Kelas 1 dan Kelas 4 K13 dan Buku Guru dan Siswa Kelas 4 K13.

Tematik merupakan gabungan mata pelajaran dari semua materi yang harus di sampaikan kepada siswa secara bersamaan atau pada 1 jam pelajaran. Ini sebagian dari administrasi guru kelas kurikulum 2013 SD yang sekaligus menjadi pekerjaan rumah yang harus di telaah.

Pembelajaran Tematik terpadu Merupakan Pembelajaran tematik terpadu dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu menggunakan tema sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka.
Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kurikulum 2013 Revisi Baru
Pembelajaran tematik terpadu bermanfaat untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi peserta didik, karena saat peserta didik memahami berbagai konsep selalu melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dikuasai sebelumnya.
Baca Juga : RPP Tematik Kelas 4 K13 Revisi Baru 

Tematik terpadu disusun berdasarkan gabungan proses integrasi, sehingga berbeda dengan pengertian tematik pada kurikulum sebelumnya.

A. Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

A.1 Pengertian Tematik Terpadu SD

Pembelajaran tematik terpadu juga diperkaya dengan penempatan mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai penghela mata pelajaran lain. Melalui perumusan Kompetensi Inti sebagai pengikat berbagai mata pelajaran dalam satu kelas dan tema sebagai pokok bahasannya, sehingga penempatan mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai penghela mata pelajaran lain menjadi sangat memungkinkan.

A.2 Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu

Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu.
Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama.
Baca Juga :Contoh Format Analisis Nilai Hasil Ulangan Tematik Kurikulum 2013
Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan. Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik. Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti: bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas.

Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih dan atau pengayaan.
Budi pekerti dan moral peserta didik dapat di tumbuh kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.

Pembahasan selengkapnya silahkan download file Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kurikulum 2013 Hasil Revisi Terbaru di bawah ini :
Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat untuk anda.

0 komentar

Posting Komentar